Tentang blog ini


Oli Kemasan Lama (Oli Kadaluarsa)

Bookmark or Rate:


Lubricant Expire Date

Berapa lamakah oli 'expired' ?

Selama ini semua kemasan oli tidak pernah mencantumkan tanggal kadaluarsa, yang terlihat jelas hanya spesifikasi API dan SAE baik yang certified maupun tidak.

Bahkan waktu di-training oleh Pertamina, saya tidak pernah diajarkan dan saya pun tidak pernah bertanya.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah "Apakah yang dimaksud 'oil expired' itu setelah oli tersebut berada dalam motor ? " atau " Oli tersebut masih dalam kemasannya (belum dibuka sama sekali) ? "

Dasar yang harus kita ketahui lebih dahulu adalah: base oil itu ibarat air, gula ibarat additif, kemudian dicampur (blending) pada suhu tertentu. Hingga campuran itu menjadi homogen.

Apabila campuran itu diam dalam waktu yang lama, maka campuran itu akan terpisah kembali. Yang berat pasti di bawah, yang ringan pasti diatas.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan tiap campuran yang homogen ini terpisah kembali, itu yang tidak saya ketahui. Tiap tipe oli bahkan satu merek pun berbeda, tergantung base oil dan additif.

Sifat-sifat kimia oli juga harus diperhatikan. Contohnya: bau dan warna. Juga perubahan kimiawi karena suhu/udara, kontaminasi air karena lembab, dan kemasan drum/kaleng yang berkarat.

Kemungkinan oli syntethic lebih panjang masa expire daripada oli mineral...

Oli berada dalam motor untuk waktu lama

Apabila motor tidak pernah dipakai, maka sebaiknya mesin dinyalakan sekali pada waktu pagi untuk sekitar 10-15 menit setiap hari.
Agar additif dalam oli tetap tercampur dengan baik dan juga untuk mengusir udara pagi yang lembab dalam mesin. Tapi harus diwaspadai, oli bisa menjadi jelly ( sludge ).
Seperti sepeda motor saya yang lama tidak saya nyalakan selama sekitar 3-4 bulan. Waktu ingin mengganti oli, yang keluar seperti jelly. Kemungkinan itu adalah additif yang sudah terpisah dari campuran, karena additif umumnya bersifat kental seperti jelly (walaupun tidak semua additif seperti itu).

Oli berada dalam kemasan untuk waktu lama

Selama ruang penyimpanan dan suhunya tidak panas dan stabil serta kelembabannya rendah, saya kira oli masih dalam keadaan baik. Tapi kemasan jangan dibuka.
Saya pernah browsing, lama penyimpanan oli bisa sampai 1 tahun bahkan mungkin bisa lebih dari satu tahun. Tapi yang perlu diperhatikan adalah untuk kemasan kaleng/drum, karena ada kemungkinan berkarat.
Sebelum dipakai sebaiknya perhatikan bau dan warnanya. Juga jangan lupa dikocok lebih dulu.

Saya pernah menjual oli Prima-XP 1L dengan logo Pertamina kuda-laut (yang lama), milik bengkel yang akan ditutup. Berarti usia oli itu sekitar 7 tahun. Pertamina kuda-laut ganti logo tahun 2005.
Bahkan saya juga pernah melihat oli mesran yang masih menggunakan kemasan kaleng 1L. Waoh... ini rekor usia oli yang pernah saya lihat. Sangat tua, juga kemungkinan kalengnya sudah berkarat di dalam.

Update tambahan:

Bengkel yang saya sebutkan diatas namanya Bengkel "ARENA Motor". Saya pernah melihat pemilik bengkel ini menjual oli PrimaXP botol plastik logo kuda-laut (usia oli itu kira-kira 7 tahun lebih) kepada bengkel lain. Pengakuan pemilik bengkel lain, menyebutkan bahwa oli tersebut masih layak pakai dan pelanggannnya tidak mengalami kendala. Umumnya pelanggannya mencari oli kemasan lama karena lebih hemat uang
Juga orang tua saya, yang pernah bekerja di Lab Pertamina Surabaya, mengatakan bahwa untuk usia oli 7 tahun masih bisa digunakan selama tidak ada kontaminasi kelembaban dan oksidasi karena suhu dan panas ruangan gudang/storage. Dan sebaiknya tiap 5-7 tahun sekali dicek kemasan dan tes lab.

Jadi berapa lama masa 'expired'

Intinya di sini, saya tidak tahu persis berapa lama usia oli. Dan saya tidak menyarankan menggunakan oli kemasan lama.
Apabila anda tetap berminat menggunakannya, ada baiknya melihat kemasan, bau, dan warna. Jangan lupa dikocok/diaduk lebih dulu.
Untuk pemakaian industri, sebaiknya dites melalui laboratorium sehingga lebih akurat. Kebetulan :) adik saya bekerja di Lab Pertamina Surabaya, jl. Prapat Kurung Surabaya.

Kalau anda masih ingin mencari oli Pertamina kemasan lama yang berlogo Pertamina kuda-laut, seperti Prima-XP (botol plastik), Meditran (drum), silakan anda hubungi saya. Stok tidak selalu ready...


Perhatian (Warning)  !!
Saya bukan seorang yang ahli kimia/pelumas maupun mesin/motor. Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan mesin/motor anda karena artikel ini.


Apabila anda punya pertanyaan atau pengalaman menggunakan oli kemasan lama silakan isi komentar di bawah. Terima Kasih.

4 komentar:

  1. makasih om info olinya,,kadang kita ketoko oli ganti oli ga pernah ngecek tanggal pembuatan oli nya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. boss pahami kalimat di atas baru menjawab atau bri argument....... mana ada oli pakai tanggal pembuatan....sudah jelas pembahasannya masalah expired.....gak ngerti apa yg dibahas

      Hapus
    2. Tapi saya mendapati oli shell advance dg kode expired. Saya beli tgl 12 Januari 2017, oli saya bawa pulang, setelah di cek ktemu kode (1094810010080)7SEP16
      Jadi ragu saya makai.a, itu kode expired aau kode tgl pmbuatan.a ya, klo tgl pmbuatan setau saya 2 thun setelah pmbuatan bru expired.

      Hapus
  2. mas saya bekerja di perusahaan swasta,saya ingin bertanya mesin menggunakan oli hidrolik,apakah ada masa pemakaainnya???terima kasih sebelumnya....

    BalasHapus



Kalender Online Event dan Promotion Penjualan Oli Pertamina

Berisi jadwal lengkap yang bisa anda simpan dalam versi RSS Newsfeed atau bentuk HTML baik untuk blog anda sendiri maupun untuk dibaca. Silakan klik link di bawah ini...